Blogku

Rabu, 20 Agustus 2014

Secarik Tentang Probolinggo


Hai sobat J ….. Aku Diah Dwi Wahyuni. Sekarang aku udah mahasiswa lho J… Aku berasal dari kota Probolinggo…ups tapi aku bukan tinggal dikotanya tapi  aku tinggal di ujung timur sana,  kabupaten Probolinggo Kecamatan Paiton, kalian tau PLTU ? apa itu PLTU ? nah betul sekali PLTU itu Pembangkit Listrik Tenaga Uap. PLTU ini tepatnya berada di Paiton loo sobat. Listrik-listrik ini semua berasal dari daerahku looJ.... Dan banyak lagi keunikan keunikan yang ada di tanah airku tercinta.Mau tau seperti apa  daerah tempat tinggalku ?  Dan ada apa saja di daerah tempat tinggalku ? Baca terus ya sampek selesai 
Ini nih yang aku maksud PLTU itu.. J
Paiton merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Probolinggo dimana disinilah berada Kawasan Pembangkit Listik Tenaga Uap (PLTU) Paiton. Dimana PLTU Paiton sendiri merupakan satu diantara tiga pilar pembangkit yang ada di Jawa Bali selain PLTU di Jawa Tangah dan Jawa Barat.

                                                        


WISATA PROBOLINGGO
Kita melihat gunung-gunung yang ada di Probolinggo dulu ya…J
Ini nih yang paling terkenal dan banyak orang tau J
Apa ini hayooo…? Coba tebak …iya ini adalah Gunung Bromo
Gunung Bromo
Gunung Bromo!! siapa yang tidak mengenal kepopuleran gunung berapi yang masih aktif ini. Gunung Bromo adalah gunung yang paling terkenal di Jawa Timur dengan kunjungan yang paling ramai setiap tahunnya.
Selain keindahan yang tersimpan di Gunung Bromo, Yadna Kasada atau Upacara Kasodo lah yang membuat Gunung Bromo menjadi tujuan destinasi utama setiap tahunnya. Upacara Kasodo digelar setiap tahun pada bulan purnama di bulan Desember atau January. Rakyat Tengger melakukan upacara Kasada dengan melemparkan hasil bumi ke dalam kawah Bromo sebagai ucapan syukur atas panen yang diterima dan sebagai permohonan untuk panen yang lebih melimpah di musim selanjutnya.Meskipun penuh dengan bahaya, terdapat beberapa penduduk setempat yang mengambil resiko dengan naik dan turun ke kawah dalam upaya untuk mengambil kembali barang yang dikorbankan yang diyakini bisa membawa keberuntungan.

Gunung Argopuro / Puncak Rengganis
.Gunung Argopuro memiliki beberapa puncak, salah satunya adalah puncak Rengganis. Selain memiliki daya tarik khas puncak gunung, di Rengganis juga terdapat situs peninggalan jaman purbakala berupa teras berundak yang terdiri dari 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan di dalamanya. Reruntuhan bersejarah itu dipercaya sebagai bekas reruntuhan kerajaan Dewi Rengganis.
Masih banyak sih gunung - gunung yang cantik dan indah untuk dijadikan tempat wisata di kota Probolinggo, tapi kita udahan dulu ya, kita mengemal wisata probolinggo yang lain. Disini kita juga punya Candi yang cantik.
Candi Jabung
Candi Jabung adalah candi kuno dan bersejarah, peninggalan kerajaan Majapahit, yang terletak di desa Jabung, kacamatan Paiton, Probolinggo.
Candi Jabung terbuat dari batu merah Di atas batur terdapat selasar keliling yang sempit dan relief yang menggambarkan kehidupan sehari-hari pada masa lampau seperti, seorang pertapa yang memakai sorban, dua lelaki yang sedang berada di sumur dan memegang tali timba dan singa yang saling berhadapan.
Candi Kedaton
candi unik yang terbuat dari batu Andesit. Candi ini dibangun sekitar akhir abad XIV Candi Kedaton adalah salah satu dengan bentuk yang unik dan pemandangan yang indah di sekitarnya. Candi Kedaton terletak di 60 km ke selatan dari Probolinggo, tepatnya di dusun Lawang Kedaton, desa Andungbiru, kecamatan Tiris.
Ups sobat , jangan salah daerahku ini punya danau juga loo ….
Kita intip yok danaunya yuk 
Danau Ronggojalu
Selain dijadikan sebagai obyek wisata, danau Ronggojalu juga digunakan sebagai sarana air bersih dan industri untuk kepentingan masyarakat Probolinggo.
Di lokasi danau ini, sebagai fasilitas untuk rekreasi keluarga pihak pengelola menyediakan kolam untuk anak-anak, penyewaan ban dan beberapa warung yang menjual berbagai makanan. Suasana yang sejuk dan hijau, ditambah dengan udara yang bersih sangat cocok menjadikan danau ini sebagai area rekreasi keluarga.






Danau Ranu Agung
Ranu Agung atau danau Agung, adalah sebuah danau vulkanik yang terbentuk dari gunung berapi Lamongan yang masih aktif.
Ranu Agung memiliki potensi wisata yang luar biasa indah, dan pantas untuk menjadi obyek wisata alam dengan atmosfir yang hijau dan menenangkan.
Ranu Agung tampak asri dikelilingi daerah perbukitan, perkebunan dan areal hutan. Disamping itu, area ini juga dekat dengan beberapa obyek wisata lain di sekitar nya seperti, sungai Pekalen untuk wisata arung jeram, Candi Kedaton yang merupakan candi peninggalan kerajaan Majapahit dan Perkebunan Teh Lawang Kedaton.
Dengan potensi yang dimiliki danau ini, pihak pengelola juga akan memfasilitasi Ranu Agung dengan rumah pohon, restaurant apung, tempat memancing, jembatan apung dan masih banyak lagi sarana untuk memperkenalkan danau vulkanik ini agar lebih dikenal luas.
Ini nih yang aku maksud wiaja arung jeram yang berada di dekat danau Ranu Agung di atas , indah banget bukan ?
Arung Jeram Sungai Pakalen
Sungai Pakelan ini memiliki landscape yang berbelok dan bertebing, dan masuk dalam 3 kawasan yaitu Tiris, Maron dan kecamatan Gading. Sungai ini terletak di dusun Angin –Angin, desa Ranu Gedang dan berakhir di dusun Gembleng, desa Pesawahan
Dengan background panorama yang indah, air terjun yang megah dan terdapat go-goa kalelawar dan beberapa satwa langka di kanan kiri sungai,membuat arung jeram di Pakalen menjadi wisata yang paling menyenangkan untuk memacu adrenalin.
Di atas udah ada Arung Jeram , rasanya gag lengkap nih jika gag ada air terjunnya. Probolinggo juga mempunya air terjun yang elok dan indah. Kita lihat yok J
Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura, terletak di kecamatan Lumbang, Probolingo dan merupakan air terjun yang sangat indah untuk dikunjungi.
Air terjun ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan memiliki bentuk seperti ceruk yang dikelilingi bukit yang meneteskan air pada seluruh tebingnya seperti layaknya hujan yang turun.
Untuk mencapai lokasi air terjun ini tidak begitu sulit, dan akan melewati pemandangan yang sangat indah dan rute perjalanan yang tidak terlampau curam. Melintasi dinding-dinding bukit di jalan menuju air terjun akan memberikan sensasi yang luar biasa mengharukan,. Bila beruntung, adanya lutung yang saling berlompatan dan bersenda gurau satu dengan yang lainnya akan memberikan nuansa hutan belantara yang jarang bisa ditemukan di tempat lain.
Di balik Air Terjun Madakaripura terdapat pula sebuah gua, dan untuk masuk ke sana harus terlebih dahulu melewati kolam air yang ada tepat di bawah Air Terjun Madakaripura



Sekarang kita jalan jalan ke pantai di Probolingo yuk 
Pantai Bentar

 Pantai Bentar Indah, terletak di tepi jalan raya Surabaya – Banyuwangi.Pantai ini tidak terlalu ramai dikunjungi, tetapi menawarkan satu pemandangan yang indah dan menawan. Karena terletak bersebrangan dengan bukit dan hutan bakau, menjadikan pantai ini serasa menyatu dengan alam yang hijau.
Terdapat sebuah dermaga yang panjang kearah tengah laut dan bisa dilalui dengan aman, dan bisa menambah keindahan laut Bentar saat berada di ujung dermaga.
Ranu Segaran

 Ranu Segaran atau danau Segaran, adalah danau yang terletak di desa Segaran, kecamatan Tiris, sekitar 30 menit dari pusat kota Probolinggo.
Melewati pemandangan yang indah dan hijau, perjalanan menuju Ranu Segara sangatlah menyenangkan dan menyejukkan jiwa. Pada obyek wisata ini, pengunjung bisa dimanjakan oleh keadaan alam yang benar-benar indah dan terdapat pula wisara air panas.
Ranu Segaran adalah salah satu danau yang terjadi akibat aktivitas vulkanik. Yang dulunya merupakan bekas kawah yang sudah tidak aktif lagi dan tergenang air, dan akhirnya berubah menjadi danau.
Sobat kalian bosan ya kalo jalan jalan terus L ayooo ngaku …. J ya sudah kita sekarang kuliner aja yok , kita icip icip kuliner di Probolinggo
Soto
Soto di Probolinggo memiliki keunikan tersendiri, dengan paduan bumbu koya dan racikan bumbu rahasia membuat soto di Probolinggo juga begitudikenal oleh penikmat kuliner


Rujak

 
Banyak penjual rujak disini dengan rasa dan aroma yang khas. Dengan bumbu bumbu kacang yang tercampur dengan sayur saryuran pasti lebih enak apalagi yang suka pedes bisa ditambah cabe yang banyak. Pokoknya maknyos banget buat mulut dan buat perut kita J Dicoba ya kalok kalian ke Probolinggo pasti kalian ketagihan , percaya deh sama aku
Udah kenyang kan kalian, kan udah liat makanan J sekarang kita liat liat yang lain yok
Oia Probolinggo juga punya tarian khas, Mau tau ? kita liat bareng bareng yok
Tari Kiprah Glipang
 


Tari Kiprah Glipang adalah sebuah tarian rakyat, salah satu bagian dari kesenian tradisional masyarakat Probolinggo. Tarian ini banyak berkembang di desa Pendil, Banyuanyar, Probolinggo. Tari ini telah berkembang di tengah kehidupan rakyat Probolinggo dari sejak lama, dan musik tradisional Glipang adalang instrumen utama pengiring tarian ini. Tari Kiprah Glipang adalah tarian yang menggambarkan tentang gagahnya seorang pemuda yang sedang berlatih keprajuritan.
Jaran bodak

Jaran Bodak adalah salah satu kesenian kota Probolinggo yang sampai saat ini masih dikenal oleh para warga kota Probolinggo. Pementasan (penyajian) kesenian ini diiringi musik kenong telo' yang dimainkan oleh 4 orang, yang terdiri dari kenong, gong, kendang, dan sronen. Jaran  dibawakan oleh dua orang yang disebut janis dan penunggang jaran. Dalam penyajiannya jaran bodak juga ditampilkan tembang – tembang atau lagu - lagu tradisi khas jaran bodag. Kostum jaran bodag sangat menarik, unik, yang didesain oleh pemiliknya dengan kemampuannya. Pertunjukan jaran bodak selalu digambarkan pasangan pengantin. Gayanya menor dan juga lembeng ( bergaya perempuan ), yang unuk dari jaran bodak terdapat pada pemainnya yang kebanyakan kaum pria yang tak segan - segan menggunakan bulu mata palsu, aksesoris jaran bodak terbilang sangat sederhana, karena Tubuh kuda dibentuk menggunakan bambu, per dipasang dikepala kuda agar bisa menganguk - angguk. Jika dimodifikasi diperbolehkan tapi tidak boleh merusak atau merubah karakter yang ada.
Kalian tertarik kan untuk berkunjung ke Probolinggo ? jika ia jangan khawatir aku akan memberikan peta wisata di daerah Probolinggo. Sampai jumpa di Probolinggo J Aku tunggu kalian di tanah airku tercinta J

























1 komentar: